Asus ROG Flow X13 Kini Ditenagai Prosesor AMD Ryzen 6000 Series

Asus Indonesia telah resmi memperkenalkan jajaran laptop gaming terbarunya yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 6000 series. Asus ROG Flow X13 menjadi salah satu lini laptop yang kini ditenagai oleh prosesor anyar besutan AMD yang menawarkan performa lebih kencang dan konsumsi daya lebih efisien. Asus ROG Flow X13 sendiri adalah laptop gaming unik yang mengusung konsep hybrid atau convertible dengan ukuran yang ringkas dan ringan.

“Sejalan dengan tujuan kami untuk terus mendorong lewati batas kemungkinan, prosesor AMD Ryzen 6000 Series adalah prosesor AMD Ryzen terkencang yang pernah ada dan dioptimalkan untuk memberikan efisiensi daya yang luar biasa. Kami sangat bangga bermitra dengan ASUS, dan juga antusias menghadirkan perangkat laptop gaming yang menawarkan kinerja, efisiensi, serta keandalan yang menakjubkan bagi para pelanggan kami,” kata Peter Chambers, Managing Director, Sales, AMD Asia Pasifik & Jepang.

Laptop gaming Asus ROG Flow X13 ini dibekali dengan layar sentuh berukuran 13,4 inci yang tersedia dalam dua varian resolusi yakni WUXGA dan WQUXGA yang mampu menghasilkan warna akurat dengan kecerahan mencapai 500nits, cakupan warna 100% sRGB color gamut dengan sertifikasi PANTONE validated, serta mendukung penggunaan stylus pen, serta dilindungi antigores Corning Gorilla Glass.

Sama seperti pendahulunya, layar laptop gaming Asus ROG Flow X13 ini dapat diputar 360 derajat dan dapat digunakan dalam empat mode berbeda sesuai kebutuhan. Layar laptop gaming ROG Flow X13 sudah menawarkan refresh rate 120Hz guna mengurangi screen tearing dan screen stuttering saat bermain game sehingga lebih smooth, serta mendukung fitur Adaptive Sync.

Kinerja Asus ROG Flow X13 sangat memadai untuk gaming menengah saat ini. Hal ini tak lepas dari dukungan prosesor AMD Ryzen 7 6800HS generasi APU (Accelerated Processing Unit) Rembrandt H yang mengusung octa-core 16 thread berarsitektur Zen 3+ yang berlari dengan kecepatan 3,2GHz dengan Turbo maksimal 4,7GHz. Laptop Asus ROG Flow X13 ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 16GB atau 16GB DDR5 4800Hz onboard, sehingga tidak dapat di-upgrade.

Baca Juga :  Dell G16 Diperkenalkan, Laptop Gaming Pertama dengan Layar 16 Inchi

Performa grafis Asus ROG Flow X13 ini masih sangat kompeten untuk menangani game terkini dengan dukungan GPU (Graphics Processing Unit) AMD Radeon 680M iGPU ditandemkan grafis diskrit Nvidia GeForce RTX 3050 atau RTX 3050 Ti. Grafis terintegrasi AMD Radeon 680M iGPU sudah sangat bertenaga karena mengusung arsitektur RDNA 2 dengan mengusung 768 shader core, 48 TMUs, dan 32 ROPs yang berlari dengan kecepatan 2200MHz dengan antarmuka memori system shared.

Bagi gamer yang merasa kurang dengan performanya, laptop gaming Asus ROG Flow X13 menyediakan fasilitas GPU eksternal dengan menambahkan Asus ROG XG Mobile yang bersifat opsional yang menawarkan GPU hingga GeForce RTX 3080.

Asus ROG XG Mobile merupakan solusi GPU eksternal yang digunakan di ROG Flow X13 dan Z13. Berbeda dengan solusi GPU eksternal pada umumnya, ROG XG Mobile menggunakan port khusus sebagai koneksinya. Port tersebut terhubung langsung pada jalur data PCIe x8.

Tablet gaming Asus ROG Flow X13 telah dilengkapi dengan fitur MUX Switch, yaitu semacam sakelar khusus yang mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.

Solusi pendinginan Asus ROG Flow X13 menggunakan solusi pendinginan yang disebut Self Cleaning Cooling dan Anti-Dust Tunnel 2.0 generasi baru. Teknologi tersebut mencegah debu dan partikel lainnya menyumbat sistem pendinginan yang dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan kerusakan komponen. Tablet gaming canggih Asus ROG Flow X13 ini dijual dengan harga Rp 20 jutaan.

Baca Juga :  Asus Luncurkan Laptop Gaming ROG Bertenaga AMD Ryzen 6000 Series, Apa Saja?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Compare ×
Let's Compare! Continue shopping