Berapa banyak RAM yang Dibutuhkan Laptop Masa Kini? Ini Jawabnya

Beberapa tahun lalu, sebuah laptop dengan RAM sebesar 2GB dan sistem operasi Windows XP sudah mampu menjalankan banyak hal seperti produktivitas, editing video, dan bahkan gaming kasual. Namun seiring perkembangan teknologi, kebutuhan akan resource seperti RAM, prosesor, GPU, dan sebagainya iian tinggi. Saat ini bahkan RAM 4GB tergolong pas-pasan. Lalu berapa sebenarnya idealnya kapasitas RAM untuk laptop masa kini?

Lalu apa sebenarnya itu RAM? RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sebelum diproses. RAM terdiri dari chip memori dinamis yang dapat ditulis dan ditulis ulang dengan data yang sangat cepat. Tidak seperti hard drive atau SSD, RAM tidak dapat menyimpan data tanpa adanya sumber daya listrik, jadi tidak dirancang untuk menyimpan informasi dalam jangka panjang.

Cara kerja RAM sendiri bisa dianalogikan dengan sebuah meja kerja. Semakin luas meja kerjanya, maka akan semakin banyak dokumen dan pekerjaan yang dapat dibuka dalam waktu bersamaan. Begitu juga dengan RAM, semakin besar kapasitasnya maka akan memberikan ruang yang lebih luas dan memungkinkan sistem untuk menjalankan lebih banyak aplikasi dalam waktu bersamaan.

Lalu berapa kapasitas RAM yang ideal untuk laptop masa kini? Penulis mengklasifikasikan pengguna laptop menjadi empat kategori, yakni Produktivitas Kantor, Produktivitas Menengah, Multimedia & Kreasi Konten, dan Gaming.

Produktivitas Kantor

Aktivitas produktivitas kantor ini bisa dikatakan sebagai komputasi harian seperti menjalankan aplikasi Office dan browsing dengan beberapa tab saja, serta kadang diselingi dengan sambil memainkan musik. Aktivitas semacam ini masih dapat ditangani dengan baik oleh sebuah laptop dengan RAM berkapasitas 4GB.

Produktivitas Menengah

Pengguna kedua adalah produktivitas menengah yang biasanya bekerja dengan dokumen berukuran besar, browsing dengan puluhan tab, menjalankan beberapa aplikasi berat sekaligus, dan mungkin editing ringan. Untuk tugas semacam ini, laptop dengan RAM 4GB tidak akan cukup. Setidaknya laptop dengan RAM 8GB sudah memadai untuk menangani intensitas pengguna menengah. Pengguna tidak akan kehabisan memori RAM saat membuka puluhan tab di browser Chrome yang selama ini terkenal haus akan RAM.

Baca Juga :  Ini Keuntungan Menggunakan Laptop Bisnis

Multimedia & Kreasi Konten

Tugas multimedia dan kreasi konten biasanya meliputi editing audio dan video yang melibatkan file dengan ukuran besar dan aplikasi editor yang membutuhkan resource besar. Selain itu, pengguna mungkin juga melakukan editing foto yang melibatkan puluhan layer. Laptop dengan kapasitas RAM 8GB masih memadai untuk menangani kebutuhan semacam ini. Namun jika ingin lebih futureproof, upgrade ke RAM 16GB lebih disarankan.

Gaming

Bermain game ini berbeda dengan proses kreasi konten yang mungkin melibatkan beberapa aplikasi sekaligus. Bermain game biasanya hanya menjalankan satu buah game yang memang memakan resource RAM yang besar dan pengguna akan fokus memainkannya. Laptop dengan RAM 8GB masih cukup untuk gaming kasual dan menengah.

Namun jika untuk gamer kelas profesional yang memainkan game AAA lengkap dengan aplikasi streamer atau screen recorder, upgrade RAM ke 16GB atau bahkan ke 32GB lebih disarankan. Kapasitas RAM yang besar akan menjamin game dan aplikasi streamer berjalan mulus tanpa lag atau kehabisan RAM.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Compare ×
Let's Compare! Continue shopping