Ini Keuntungan Menggunakan Laptop Bisnis

Ini Keuntungan Menggunakan Laptop Bisnis

Selain laptop gaming dan konsumer, ada satu varian laptop lain yang dirancang untuk pekerja profesional, yakni laptop bisnis. Jika dilihat sekilas dari sisi spesifikasi, laptop bisnis ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan laptop konsumer yang menggunakan prosesor Intel Core i5, Core i7 atau AMD Ryzen. Lalu apa yang membuat laptop bisnis ini berbeda dari laptop konsumer?

Daya Tahan Lebih Andal

Laptop bisnis dirancang untuk pebisnis dan profesional yang memiliki mobilitas tinggi. Kadang kala harus dibawa ke pesawat, bekerja di lapangan, dan kondisi ekstrem lainnya. Oleh sebab itu, laptop bisnis memiliki daya tahan yang lebih tinggi dari laptop biasa dan telah melalui pengujian seperti panas ekstrem, benturan, getaran dan sebagainya.

Beberapa laptop bisnis bahkan mengantongi sertifikat militer MIL-STD-810G atau 810H guna memastikan ketangguhannya. Tak heran, laptop bisnis sering menjadi pilihan utama bagi anggota militer, ilmuwan, insinyur, dan fotografer yang bekerja di lapangan yang kondisinya tidak dapat diprediksi.

Baca Juga :  Berapa banyak RAM yang Dibutuhkan Laptop Masa Kini? Ini Jawabnya

Upgradeable dan Lebih Mudah Diperbaiki

Meski tidak semua, tetapi kebanyakan laptop bisnis menyediakan opsi upgrade yang lengkap seperti RAM dan storage. Hal ini agar pebisnis dapat meningkatkan kinertja laptopnya di masa mendatang sekaligus menambah umur operasional laptop.

Tak hanya itu, laptop bisnis biasanya dirancang agar lebih modular dan mudah diperbaiki. hal ini memungkinkan pengguna atau mungkin departemen IT memperbaiki dan mengganti sendiri komponen yang rusak. Selain itu, vendor biasanya menyediakan suku cadang denbgan stok yang leboh banyak, sehingga umur pakai laptop kian panjang.

Fitur Keamanan Lengkap

Laptop bisnis biasanya digunakan untuk menyimpan data perusahaan yang sifatnya classified atau rahasia. Tak heran, fitur keamanan laptop kelas bisnis ini lebih lengkap dari laptop konsumer. Beberapa fitur keamanan yang ada di laptop bisnis antara lain:

  • Webcam privacy shutter
  • Privasi layar agar tidak mudah diintip
  • Fitur login yang andal, termasuk sidik jari dan pengenalan wajah
  • AI pembelajaran mendalam untuk mengenali serangan malware terbaru
  • Fitur tambahan seperti file shredderer, drive lock, dan sebagainya
Baca Juga :  Acer Aspire Vero AV14-51, Laptop Ramah Lingkungan dengan Sertifikasi Intel EVO

After Sales yang Lebih Mumpuni

Kelebihan utama laptop bisnis adalah layanan after sales yang lebih mumpuni. Pengguna tidak perlu repot-repot mengantar laptop yang rusak ke service center karena biasanya disediakan fasilitas OSS (On Site Service) yang artinya teknisi akan datang dan langsung memperbaiki laptop di tempat. Ada juga layanan antar jemput laptop yang rusak, garansi lebih panjang, dan beberapa vendor menyediakan opsi HDD retention.

Tentu hal ini membuat pengguna tidak khawatir jika tiba-tiba laptop bermasalah. Selain itu, proses perbaikan laptop bisnis biasanya lebih singkat dari laptop kelas consumer agar dapat segera digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.