Tips Memilih Laptop yang Tepat untuk Illustrator Digital

Pesatnya perkembangan internet dan teknologi digital membuat banyak pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih mudah, serta melahirkan beberapa profesi baru seperti content creator. Salah satu content creator di era digital adalah illustrator digital. Pekerjaan ini membutuhkan laptop yang lebih dari sekedar powerful.

Ada beberapa fitur atau kriteria tertentu untuk laptop yang akan menemani illustrator digital bekerja, terutama soal layar atau visual. Hal ini menjadi poin penting agar seorang illustrator digital dapat bekerja dengan lebih nyaman, efektif, dan efisien. Berikut ini beberapa kriteria laptop yang tepat untuk illustrator digital.

Layar dengan Warna Akurat

Seorang illustrator digital membutuhkan laptop dengan kemampuan visual yang mumpuni, mulai dari kedalaman warna yang tinggi, tajam, dan jugta akurat. Paling tidak, pilih laptop dengan layar IPS yang mampu menampilkan color gamut hingga 100% sRGB. Namun jika dana memungkinkan, laptop dengan layar OLED yang menawarkan color gamut 100% DCI-P3 akan lebih mumpuni.

Tak hanya sekadar warna yang kaya, illustrator digital juga membutuhkan akurasi untuk proses color grading. Beberapa vendor laptop telah bekerja sama menghadirkan laptop canggih dengan layar yang sudah dikalibrasi dengan menggandeng Pantone atau Calman untuk warna layar yang akurat. Laptop dengan layar Pantone validated atau Calman certified dapat dipertimbangkan.

Baca Juga :  Begini Langkah Mudah Update Driver di Laptop atau PC Windows

Pertimbangkan Layar Sentuh atau Laptop Hybrid

Sejauh ini banyak illustrator digital yang bekerja menggunakan pentab atau Pen Tablet untuk bekerja. Akan tetapi bagi yang menginginkan kerja yang lebih praktis, dapat mempertimbangkan laptop hybrid yang memiliki kemampuan layar sentuh, serta sudah mendukung stylus pen. Rata-rata stylus pen laptop hybrid menawarkan sensitivitas yang cukup tinggi dengan 4096 pressure level.

Performa Kencang

Biasanya illustrator digital menjalankan aplikasi illustrator yang cukup berat, sebut saja Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, CorelDraw, dan banyak lagi. Dibutuhkamn laptop dengan kinerja tinggi agar aplikasi tersebut dapat berjalan lancar meski digunakan untuk menggambar atau desain dengan tingkat kerumitan tinggi.

Dibutuhkan setidaknya laptop bertenaga Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5 dengan RAM 16GB agar semuanya berjalan lancar tanpa lag yang mengganggu. Selain itu, dukungan GPU atau grafis mandiri dari Nvidia GeForce atau AMD Radeon juga memiliki andil dalam meningkatkan performa grafis laptop secara umum.

Konektivitas Lengkap

Seorang illustrator digital juga kadang memiliki banyak peralatan eksternal atau storage eksternal guna menunjang proses kerja. Oleh sebab itu, pilih laptop yang menawarkan konektivitas yang lengkap dan andal seperti WiFi 6, port USB Type A yang memadai, Port USB-C, dan juga dapat dipertimbangkan adanya Thunderbolt. Hindari laptop dengan konektivitas yang minim, kecuali memang ingin bekerja dengan dongle tambahan.

Baca Juga :  5 Rekomendasi laptop untuk desain grafis harga lima jutaan

Leave a Comment

Your email address will not be published.