Ini Fitur-Fitur Tersembunyi Windows 11 yang Bikin Kian Produktif

Fitur-Fitur Tersembunyi Windows 11

Sistem operasi Windows 11 secara resmi telah diluncurkan sejak Oktober 2021 dan hingga kini telah mendapatkan beberapa kali update. Microsoft telah membawa perubahan yang cukup signifikan di Windows 11 jika dibandingkan dengan Windows 10, baik dari sisi desain antarmuka maupun fitur-fiturnya. Ada banyak fitur sistem operasi ini yang siap mendongkrak produktivitas pengguna.

Sejauh ini Microsoft memang menjelaskan semua fitur baru yang ada di Windows 11 di rilis resminya, hanya beberapa fitur utamanya saja. Namun, sebenarnya Windows 11 ini menyimpan banyak fitur rahasia yang ternyata sangat membantu pengguna untuk bekerja lebih cepat dan produktif, penasaran?

Minimalkan Semua Windows Kecuali yang Aktif

Saat Anda bekerja dengan banyak aplikasi dan membuka beberapa window Explorer sekaligus, kadang malah membuat konsentrasi buyar. Bagaimana caranya agar dapat kembali fokus tanpa harus menutup semua window aplikasi yang kadang masih dibutuhkan? Satu-satunya cara adalah me-minimize window yang tidak digunakan.

Jika pengguna menjalankan puluhan window, mungkin akan memakan banyak waktu untuk me-minimize satu per satu. Windows 11 memiliki fitur untuk me-minimize semua window kecuali yang aktif digunakan pengguna. Caranya cukup mudah, klik tahan pada window yang digunakan dan kemudian goyangkan dengan cepat menggunakan mouse atau kursor, hasilnya? Semua window yang tidak aktif akan di-minimize dalam waktu singkat.

Start Menu Rahasia di Windows 11

Salah satu perubahan signifikan yang ditawarkan oleh Windows 11 adalah Start Menu yang telah didesain ulang dan posisinya bergeser ke tengah taskbar. Namun, Start Menu baru tersebut malah menyulitkan pengguna untuk mengakses beberapa fitur atau aplikasi penting seperti CMD, task manager, dan sebagainya.

Tahukah Anda bahwa sebenarnya Windows 11 memiliki Start Menu ‘rahasia’? Start menu rahasia ini dapat diakses dengan cara klik kanan pada ikon Windows pada Start Menu atau kombinasi shortcut Windows + X di keyboard. Start Menu rahasia tersebut akan muncul dan memudahkan pengguna mengakses Task manager, Command Prompt, Control Panel, dan sebagainya.

Akses Aplikasi di Task bar dengan Cepat

Banyak pengguna memasang shortcut aplikasi yang sering digunakan di task bar agar mudah diakses. Namun saking banyaknya aplikasi yang digunakan, ikon aplikasi pun berjejeran memenuhi task bar. Ada cara singkat mengakses aplikasi yang terpasang di task bar tersebut dengan shortcut Windows Key + angka. Misalnya tombol Windows + 2 akan membuka item yang disematkan kedua di Taskbar.

Cek Aplikasi yang Banyak Memakan Ruang Simpan

Banyak pengguna yang pusing ketika mendapatkan peringatan bahwa drive C:/ atau partisi sistem penuh. Partisi tersebut selain ditempati oleh sistem operasi, juga aplikasi yang terinstal di dalamnya. Untuk mendapatkan ruang simpan tambahan, kita perlu mengetahui aplikasi mana yang tidak digunakan dan memakan banyak ruang penyimpanan. Di sistem operasi Windows 11, ada cara yang mudah untuk mengetahui aplikasi apa yang makan ruang simpan. Caranya cukup mudah, pengguna cukup menuju ke Settings > System > Storage. Kemudian klik Show more categories dan list aplikasi akan ditampilkan. Lakukan pembersihan dengan cara Cleanup recommendations untuk mendapatkan rekomendasi dari Windows 11 mengenai aplikasi apa yang sebaiknya disingkirkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Compare ×
Let's Compare! Continue shopping