Mengenal Refresh Rate Layar dan Mengapa itu Penting untuk Gaming

Refresh Rate

Seorang gamer tentu tak asing lagi dengan istilah teknis Refresh Rate yang disematkan di laptop gaming atau monitor gaming. Biasanya semakin tinggi Refresh Rate yang ditawarkan, maka semakin mahal pula harga laptop atau monitor gaming tersebut. Lalu apa sebenarnya refresh rate pada layar dan seberapa pentingkah fitur tersebut bagi gamer?

Refresh rate sendiri adalah pengukuran seberapa cepat tampilan dapat menggambar gambar baru, diukur dalam hertz (Hz). Tampilan laptop dan desktop biasa menyegarkan pada 60Hz, atau 60 refresh per detik, sementara tampilan game bertujuan untuk kecepatan refresh yang lebih tinggi yang memungkinkan gerakan lebih halus dengan sedikit blur. Refresh rate tinggi juga berguna untuk mengurangi efek screen tearing dan stuttering yang mengganggu saat bermain game.

Jadi cara kerja refresh rate pada monitor laptop atau komputer adalah menggambar ulang gambarnya berkali-kali per detik untuk memungkinkan gerakan yang lancar. Seberapa sering layar dapat menggambar ulang sendiri ditentukan oleh kecepatan refresh rate-nya, yang diukur dalam hertz (Hz). Layar dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi dapat menggambar ulang tampilan visual lebih sering.

Jumlah frame (atau frame rate) yang dibutuhkan untuk menghasilkan gerakan halus tergantung pada tiap skenario itu berbeda-beda. Film bisa tampil halus dengan 24fps, tetapi hal tersebut tidak bisa diterapkan di PC atau laptop. Jika layar komputer disegarkan dengan lambat, kursor mouse akan terlihat seperti melompat-lompat dan tidak terlihat mulus bergerak sesuai gerakan tangan. Tentu saja hal ini mengganggu pengalaman komputasi dan produktivitas

Lalu berapa kecepatan standar refresh rate untuk PC atau laptop? kecepatan refresh standar untuk sebagian besar monitor laptop dan desktop adalah 60Hz, yang memungkinkannya menampilkan hingga 60fps. Konten yang diputar pada kecepatan itu akan tampak mulus tanpa lompat-lompat. Dalam bermain game dengan frame rate tinggi, maka layar dengan refresh rate yang lebih tinggi akan dapat menghasilkan animasi yang lebih smooth.

Baca Juga :  Layar Resolusi Tinggi vs Refresh Rate Tinggi, Mana yang Cocok untuk Gaming?

Berapa Refresh Rate yang Dibutuhkan Gamer?

Ada banyak pilihan refresh rate yang disematkan oleh laptop gaming saat ini mulai dari yang standar 60Hz hingga yang paling tinggi mencapai 360Hz. Apakah perlu refresh rate setinggi itu untuk bermain game? Untuk game kasual dan bahkan game AAA, sebenarnya refresh rate 60Hz masih memadai. Terlebih jika GPU yang diusung oleh laptop atau PC yang digunakan tidak terlalu powerful.

Namun bagi gamer yang lebih intensif dengan GPU yang lebih kuat, layar dengan refresh rate 120Hz atau 144Hz akan memberikan perbedaan tampilan visual. Animasi game akan terlihat lebih smooth, tidak berombak, dan bebas stuttering.

Lain halnya dengan gamer esports yang memainkan game kompetitif seperti  Fortnite , Counter-Strike: Global Offensive , Rainbow Six: Siege, dan League of Legends yang tidak terlalu membutuhkan kekuatan GPU yang intensif, justru membutuhkan refresh rate yang lebih tinggi untuk dapat memenangkan pertandingan. Maka layar dengan refresh rate di atas 144Hz akan lebih cocok bagi gamer kompetitif atau pemain esports.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Compare ×
Let's Compare! Continue shopping