Asus ROG Flow X16 Resmi Diluncurkan di Indonesia, Ini Keunggulannya

Asus ROG Flow X16

Sukses meluncurkan seri ROG Flow X13 generasi baru, Asus Indonesia melanjutkannya dengan menghadirkan varian dengan layar yang lebih besar, yakni 16 inci melalui seri Asus ROG Flow X16. Tak hanya menawarkan ukuran layar yang lebih besar, Asus ROG Flow X16 juga menawarkan performa yang lebih powerful dari ROG Flow X13 yang telah lebih dulu hadir.

“ASUS ROG sangat mengerti bahwa semakin banyak gamer yang membutuhkan laptop ringkas, berlayar besar, dan hadir dengan performa tinggi. Tidak hanya sekadar menghadirkan laptop gaming dengan kriteria tersebut, ASUS ROG menciptakan sebuah inovasi terbaru yaitu laptop gaming convertible berlayar 16-inci sehingga gamer juga dapat lebih leluasa mengekspresikan kreativitasnya dalam pembuatan konten,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director.

Keunggulan laptop Asus ROG Flow X16 adalah layarnya dapat diputar 360 derajat dan dapat digunakan dalam empat mode berbeda sesuai kebutuhan. Laptop gaming ROG Flow X16 mengusung layar ROG Nebula Display berukuran 16 inci dengan resolusi WQHD 2560 x 1440 piksel dan sudah menawarkan refresh rate 165hz guna mengurangi screen tearing dan screen stuttering saat bermain game sehingga lebih smooth, serta mendukung fitur Adaptive Sync.

Kinerja Asus ROG Flow X16 sangat memadai untuk gaming menengah saat ini. Hal ini tak lepas dari dukungan prosesor AMD Ryzen 9 6900HS generasi APU (Accelerated Processing Unit) Rembrandt H yang mengusung octa-core 16 thread berarsitektur Zen 3+ yang berlari dengan kecepatan 3,3GHz dengan Turbo maksimal 4,9GHz untuk varian tertingginya. Sedangkan varian yang lebih murah menggunakan Ryzen 7 6800H. Laptop Asus ROG Flow X16 ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 16GB atau 16GB DDR5 4800Hz onboard, sehingga tidak dapat di-upgrade.

Performa grafis Asus ROG Flow X16 ini masih sangat kompeten untuk menangani game terkini dengan dukungan GPU (Graphics Processing Unit) AMD Radeon 680M iGPU ditandemkan grafis diskrit Nvidia GeForce RTX 3050 Ti, RTX 3060 atau RTX 3070 Ti untuk varian tertinggi. Grafis terintegrasi AMD Radeon 680M iGPU sudah sangat bertenaga karena mengusung arsitektur RDNA 2 dengan mengusung 768 shader core, 48 TMUs, dan 32 ROPs yang berlari dengan kecepatan 2400MHz dengan antarmuka memori system shared.

Bagi gamer yang membeli varian GPU paling rendah dan merasa masih kurang, laptop gaming Asus ROG Flow X16 masih menyediakan fasilitas GPU eksternal dengan menambahkan Asus ROG XG Mobile yang bersifat opsional yang menawarkan GPU hingga GeForce RTX 3080 atau AMD Radeon RX 6850 XT.

Asus ROG XG Mobile merupakan solusi GPU eksternal yang digunakan di ROG Flow X16, X13, dan Z13. Berbeda dengan solusi GPU eksternal pada umumnya, ROG XG Mobile menggunakan port khusus sebagai koneksinya. Port tersebut terhubung langsung pada jalur data PCIe x8.

Tablet gaming Asus ROG Flow X16 telah dilengkapi dengan fitur MUX Switch, yaitu semacam sakelar khusus yang mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%. Solusi pendinginan Asus ROG Flow X16 menggunakan solusi pendinginan yang disebut Frost Force Technology. Sistem pendingin terbaru tersebut mengandalkan tiga kipas khusus. Dua kipas bertugas untuk mengalirkan udara panas dari CPU dan GPU ke luar chasis melalui lubang udara yang sudah dirancang khusus. Laptop hybrid gaming canggih Asus ROG Flow X16 ini dijual dengan harga mulai Rp 29 jutaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Compare ×
Let's Compare! Continue shopping