Tips Memilih Laptop Gaming yang Tepat di Tahun 2022

Dell G Series

Memutuskan untuk membeli laptop gaming di tahun 2022 merupakan sebuah keputusan besar, mengapa? Harga laptop gaming biasanya tidak murah, sehingga perlu pertimbangan yang lebih mendalam sebelum memutuskan untuk membelinya. Memebli laptop baru biasanya dilakukan karena laptop lama sudah tidak memadai dan upgrade tidak menjadi pilihan yang tepat.

Tentunya diperlukan perencanaan yang matang untuk membeli sebuah laptop gaming agar tidak salah pilih. Saat ini ada banyak brand dan tipe laptop gaming yang dijual di pasaran. Jika tidak direncanakan dengan matang, mungkin akan salah beli dan menyesal di kemudian hari. Berikut ini tips untuk membeli laptop gaming di tahun 2022.

Tentukan Kebutuhan dan Budget

Tidak semua gamer membeli laptop gaming hanya untuk bermain game saja. Beberapa orang memutuskan membeli laptop gaming untuk bermain game dan bekerja, seperti kreasi konten atau komputasi biasa. Lalu golongan yang manakah Anda? Apakah murni digunakan untuk bermain game saja atau juga digunakan untuk kebutuhan lain seperti kreasi konten? Tentukan hal ini karena akan berpengaruh pada spesifikasi laptop yang akan dipilih.

Hal yang tak kalah penting dari merumuskan kebutuhan adalag menentukan budget atau dana yang harus disiapkan untuk membeli laptop gaming. Bagi gamer, membeli laptop adalah salah satu ‘investasi’ untuk merasakan pengalaman bermain game dengan nyaman dan lancar selama setidaknya setahun atau dua tahun mendatang.

CPU dan GPU

Performa adalah hal pertama yang dilihat dalam sebuah laptop gaming, mengapa? Memainkan game terkini membutuhkan performa CPU dan GPU yang andal. Bagi yang memiliki dana lebih, memilih laptop dengan prosesor Intel Core i9 atau AMD Ryzen 9 generasi terbaru ditandemkan GPU minimal GeForce RTX 3070 Ti cukup kuat untuk memainkan hampir semua game yang ada dengan setting grafis yang optimal dan resolusi tinggi.

Baca Juga :  Perbedaan Laptop Gaming dan Laptop Biasa, Pilih Mana?

Sedangkan untuk budget yang terbatas, bisa memilih laptop gaming dengan prosesor Intel Core i7 atau AMD Ryzen 7 ditandemkan GPU GeForce RTX 3060. Bagi gamer dengan dana terbatas, laptop dengan prosesor Intel Core i5 dan AMD Ryzen 5 dengan GPU GeForce RTX 3050 Ti sudah cukup untuk memainkan game terkini, meski beberapa perlu penyesuaian setting grafis.

Layar

Apakah Anda hanya bermain game saja? Jika ya, pilih laptop yang menawarkan refresh rate layar yang tinggi, minimal 144Hz dengan resolusi full HD. Selain itu, layar setidaknya memiliki respose time yang cepat, sekitar 0,3ms. Hal ini akan membuat pengalaman bermain game lebih nyaman, bebas screen stuttering atau tearing.

Namun jika Anda juga menggunakannya untuk kreasi konten dan editing, maka pertimbangkan lyar laptop gaming dengan resolusi yang lebih tinggi dari Full HD dan menawarkan kedalaman warna minimal 100% sRGB. Jika lebih banyak editing ketimbang gaming, pilih laptop dengan layar OLED karena mampu menghasilkan warna yang lebih colorful dan akurat karena beberapa mengantongi sertifikat Pantone Validated.

Memori dan Storage

Memori RAM berperan penting sebagai sebuah meja kerja dari sebuah laptop. Semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin luas meja kerjanya dan dapat menjalankan beberapa pekerjaan sekaligus. Bagi gamer, RAM 16GB adalah angka yang standar untuk dapat memainkan game dengan lancar.

Sedangkan untuk storage, rata-rata sudah menggunakan SSD dengan antarmuka PCIe NVMe M.2 yang mampu memberikan kecepatan transfer yang tinggi. Storage dengan kinerja tinggi dapat secara signifikan memangkas waktu laptop untuk me-load game, hasilnya loading game menjadi lebih cepat.

Solusi Pendinginan

Panas adalah musuh utama laptop gaming. Suhu yang tinggi dan tidak terkontrol dapat memicu penurunan performa atau throttling. Tak hanya itu, paparan pansa berlebihan dalam waktu lama juga mengurangi umur komponen di dalamnya. Pilihlah laptop gaming yang menawarkan solusi pendinginan yang andal dan efektif meredam panas yang ditimbulkan saat bermain game.

Baca Juga :  Asus ROG Strix SCAR 17 Special Edition, Laptop Gaming Terkencang Hadir di Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Compare ×
Let's Compare! Continue shopping