Intel akan Pensiunkan Prosesor Pentium dan Celeron, Apa Alasannya?

Intel Celeron

Intel akan memensiunkan dua lini prosesor andalannya di kelas entry-level pada tahun 2023 mendatang, yakni Pentium dan Celeron. Kabar ini jelas sangat mengejutkan mengingat brand image prosesor Pentium dan Celeron ini masih sangat kuat di masyarakat. Selain itu, Intel juga masih mengandalkannya untuk mengisi segmen entry-level.

Seri Pentium ini dulunya dikenal sebagai prosesor andalan Intel, mulai dari Pentium, Pentium II, hingga Pentium D sempat populer dan merajai dunia komputer di masanya. Sedangkan seri Celeron dikenal sebagai prosesor Intel versi ‘hemat’ yang masih menawarkan performa memadai dengan harga yang terjangkau.

Lalu apa sebenarnya alasan Intel untuk memutuskan memensiunkan prosesor Pentium dan Celeron yang cukup terkenal ini? Intel mengatakan bahwa pihaknya akan memensiunkan Pentium dan Celeron karena akan menggunakan strategi merek tunggal yang lebih mudah diingat dan jajaran produk yang lebih ramping, sehingga lebih mudah dimaintain oleh perusahaan dalam jangka panjang.

“Baik untuk bekerja atau bermain, pentingnya PC menjadi semakin jelas seiring dengan laju perkembangan teknologi yang terus membentuk dunia. Intel berkomitmen untuk mendorong inovasi guna memberi manfaat bagi pengguna, dan rangkaian prosesor tingkat pemula kami sangat penting untuk meningkatkan standar PC di semua titik harga.”

Baca Juga :  Prosesor Laptop AMD Ryzen 5 6600H Bersaing Ketat dengan Intel Core i5-12600H di Benchmark PassMark

“Branding Prosesor Intel yang baru akan menyederhanakan penawaran kami sehingga pengguna dapat fokus dalam memilih prosesor yang tepat untuk kebutuhan mereka,” Josh Newman, ntel vice president and interim general manager of Mobile Client Platforms.

Persaingan pasar prosesor yang kian ketat membuat Intel harus mengatur strategi agar lebih efisien dan fokus agar tetap kompetitif. Intel kini fokus berinvestasi pada branding unggulan seperti Intel Core, Intel Evo, dan juga Intel vPro. Lalu bagaimana dengan pasar entry-level yang ditinggalkan oleh Celeron dan Pentium? Intel akan menggunakan branding Intel Procesor untuk segmen entry-level.

“Intel Processor akan berfungsi sebagai nama merek untuk beberapa keluarga prosesor, membantu menyederhanakan pengalaman pembelian produk bagi konsumen. Intel akan terus menghadirkan produk dan manfaat yang sama dalam segmen. Merek meninggalkan penawaran produk Intel saat ini dan peta jalan produk Intel yang tidak berubah,” penjelasan Intel.

Sampai saat ini belum ada informasi spesifikasi dan varian Intel Processor yang akan menjadi pengganti lini Pentium dan Celeron.

Baca Juga :  Dell Inspiron 14 Plus 7420, Andalkan Layar 2.2K

Leave a Comment

Your email address will not be published.