Mengenal RAM DDR5 dan Kelebihannya Jika Dibandingkan Generasi Sebelumnya

Intel telah meluncurkan prosesor Core generasi ke-12 dan disusul AMD dengan menghadirkan Ryzen 6000 series untuk laptop dan Ryzen 7000 series untuk desktop. Persamaan kedua platform terbaru AMD dan Intel ini adalah sudah mendukung RAM jenis DDR5. Bahkan, AMD Ryzen 7000 series hanya mendukung RAM DDR5 saja tanpa ada backward compatibility dengan RAM DDR4.

Apa sebenarnya RAM DDR5 ini? DDR5 ini adalah standar RAM (Random Access Memory) generasi baru yang diumumkan JEDEC pada 14 Juli 2021 silam untuk menggantikan RAM DDR4. Memori DDR5 menghadirkan sejumlah peningkatan kinerja utama, konsumsi daya yang efisien, dan dukungan arsitektur baru yang berbeda dari pendahulunya.

Lalu apa saja kelebihan RAM DDR5 jika dibandingkan dengan RAM DDR4 atau generasi pendahulunya? Berikut beberapa keunggulan RAM DDR5 berdasarkan informasi yang penulis himpun.

Performa Tinggi

Salah satu keunggulan RAM DDR5 adalah performanya yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan DDR4. Saat ini RAM jenis DDR4 mencapai performa 3,2 gigatransfer per detik (GT/s) pada kecepatan clock 1,6 gigahertz (GHz), sedangkan RAM DDR5 awal menghasilkan peningkatan bandwidth 50% menjadi 4,8 GT/s. Memori DDR5 pada akhirnya akan menggunakan skala ke kecepatan data 8,4 GT/s.

Baca Juga :  Berapa banyak RAM yang Dibutuhkan Laptop Masa Kini? Ini Jawabnya

Tak hanya itu, RAM DDR5 ini dibekali dengan beberapa fitur baru, seperti Decision Feedback Equalization (DFE), tergabung dalam DDR5 yang memungkinkan kecepatan IO dan kecepatan data yang lebih tinggi.

Tegangan Lebih Rendah dan Efisien

Perubahan besar kedua yang ditawarkan oleh RAM jenis DDR5 adalah pengurangan tegangan operasi (VDD). Penggunaan tegangan yang lebih rendah dapat membantu mengimbangi peningkatan daya yang datang dengan ketika RAM hadir pada kecepatan yang lebih tinggi.

Memori atau RAM DDR5 memiliki tegangan registering clock driver (RCD) turun dari 1,2 V menjadi 1,1 V. Sinyal Command/Address (CA) diubah dari SSTL ke PODL, yang memiliki keuntungan tidak membuang daya dari listrik statis saat pin dipasang.

Arsitektur Daya Baru

Tak hanya menawarkan performa yang jauh lebih kencang, RAM atau memori DDR5 ini juga hadir dengan perubahan arsitektur daya yang signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Jika dulu terdapat di mainboard, kini manajemen daya berpindah dari motherboard ke DIMM itu sendiri. IC manajemen daya (PMIC) 12-V pada DIMM DDR5 yang memungkinkan perincian pemuatan daya sistem yang lebih baik.

Baca Juga :  Virtual Reality dalam Dunia Bisnis

Arsitektur Channel Baru

Perubahan teknis yang ditawarkan oleh DDR5 adalah arsitektur channel baru. RAM DDR5 memiliki dua saluran. Masing-masing saluran ini akan memiliki lebar 40-bit: 32 bit data dengan delapan bit ECC. Sementara lebar datanya sama (total 64-bit) memiliki dua saluran independen yang lebih kecil meningkatkan efisiensi akses memori. Sehingga RAM DDR5 menawarkan kecepatan lebih tinggi dan efisiensi yang lebih baik dari pendahulunya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.