Update Windows 11 22H2 Dirilis, Ini Daftar Fitur Barunya

Microsoft secara resmi telah mulai meluncurkan update Windows 11 22H2 di beberapa negara secara bertahap. Update Windows 11 22H2 juga sudah tersedia di Indonesia karena laptop yang penulis gunakan telah mendapatkan notifikasi update ini. Lalu fitur baru apa saja yang dibawa oleh update Windows 11 22H2 ini? Berikut beberapa fitur utama yang diusung oleh update Windows 11 22H2.

Tab di File Explorer

Fitur tab di Explorer ini sebenarnya adalah salah satu fitur yang paling banyak diinginkan oleh pengguna sejak beberapa tahun yang lalu. Saat Microsoft menggelar survey fitur yang diinginkan di Windows Explorer, maka fitur tab ini menjadi salah satu fitur teratas yang diinginkan pengguna karena memang sangat memudahkan untuk bekerja dengan file sehari-hari. Fitur semacam ini sudah lebih dulu dimiliki oleh Finder di sistem operasi Apple MacOS.

Microsoft sebelumnya mencoba mewujudkan konsep seperti ini sejak bertahun-tahun yang lalu dengan fitur yang disebut Sets dan didukung oleh Microsoft Edge. Sayangnya, strategi itu gagal ketika memutuskan untuk menyerah pada browser Edge yang didukung EdgeHTML dan beralih basis ke Chromium. Kini fitur tab di Windows Explorer dapat dirasakan pengguna yang sudah update ke Windows 11 22H2.

Baca Juga :  Begini Cara Menggunakan Fitur Widget di Windows 11

Tab dapat ditambahkan di File Explorer dengan mengklik tombol + yang terletak pada ribbon atau dengan menyeret satu jendela File Explorer di atas yang lain. Sama seperti saat menambahkan tab di Edge atau sebagian besar browser lainnya.

Layout Start Menu

Melalui update Windows 11 22H2 ini, Microsoft membawa fitur kostumisasi tampilan start menu atau layout Start Menu sesuai selera pengguna. Sebelumnya, layout Start Menu tidak dapat diubah dan hanya dapat diganti shortcut-nya saja. Kini melalui update Windows 11 22H2, Microsoft menghadirkan tiga pilihan layout Start Menu baru yang dapat dipilih oleh pengguna.

Focus Sessions

Fitur Focus Assist yang sebelumnya telah ada kini diganti namanya menjadi Focus Sessions di update Windows 11 22H2 kali ini. Focus Sessions dapat berjalan selama 5 hingga 240 menit. Pengguna dapat memulai sesi di Settings > System > Focus, serta dari Notification Center atau dalam aplikasi Clock. Saat pengguna memulai Focus Sessions dari aplikasi Clock, pengguna dapat mengintegrasikan tugas Microsoft To Do dengannya.

Baca Juga :  Begini Cara Menggunakan Fitur Widget di Windows 11

Drag and Drop dan Overflow di Taskbar

Update Windows 11 22H2 ini juga membawa tambahan fungsi untuk taskbar, yakni pengguna dapat melakukan drag and drop untuk menambahkan aplikasi dengan mudah. Jika pengguna memiliki banyak aplikasi di Taskbar, lebih dari yang dapat ditampung di ruang yang disediakan, tombol overflow akan muncul di sisi kanan.

Selain itu, update Windows 11 22H2 juga membawa beberapa fitur baru yang bermanfaat untuk pengguna, antara lain:

  • Suggested Actions
  • Right-click on the taskbar for Task Manager
  • Improved device sharing
  • Revised Photos app
  • Greater Amazon Appstore availability
  • New sports and entertainment apps

Leave a Comment

Your email address will not be published.