ViewSonic Elite XG341C-2K, Monitor Gaming Melengkung dengan Refresh Rate 200Hz

ViewSonic telah resmi memperlkenalkan monitor gaming terbarunya yang mengusung teknologi canggih melalui seri ViewSonic Elite XG341C-2K. Salah satu daya tarik monitor ViewSonic Elite XG341C-2K ini adalah merupakan monitor gaming yang mengusung teknologi Mini LED dipadukan dengan panel VA. Lalu apa sebenarnya teknologi Mini LED ini? Apa saja kelebihannya?

Teknologi Mini LED yang digunakan pada ViewSonic Elite XG341C-2K ini adalah versi yang lebih kecil dari LED ‘konvensional’ yang digunakan dalam tampilan untuk memancarkan cahaya. Teknologi ini memungkinkan lebih banyak LED dipasang ke dalam ruang yang sama. Jumlah ini bisa mencapai ratusan, ribuan, dan bahkan puluhan ribu LED untuk dipasang ke sebuah layar, tergantung pada ukuran layarnya.

Lebih banyak LED yang digunakan akan menciptakan lebih banyak zona peredupan. Lebih banyak zona peredupan menawarkan kontrol yang lebih besar atas aspek-aspek seperti kontras (perbedaan antara bagian gelap dan terang dari gambar), tingkat hitam dan blooming, yang menyangkut lingkaran cahaya yang muncul di sekitar sumber cahaya terang dalam gambar.

Baca Juga :  Dell S2721DGF, Monitor Idaman Gamer dengan Resolusi QHD

Spesifikasi monitor gaming ViewSonic Elite XG341C-2K juga cukup mentereng di kelasnya dengan ukuran mencapai 34 inci melengkung 1500R yang menggunakan panel VA dengan aspek rasio 21:9 yang lebar dan imersif, serta didukung resolusi mencapai 3440 x 1440 piksel. Ukuran yang besar dipadukan dengan resolusi tinggi diharapkan mampu menhasilkan pengalaman visual yang mantap.

Gamer membutuhkan monitor dengan performa tinggi dan ViewSonic Elite XG341C-2K ini memiliki kemampuan yang mumpuni. ViewSonic membekali monitor gaming andalannya ini dengan refresh rate mencapai 200Hz yang mampu menghasilkan animasi dan game yang smooth, bebas stuttering dan screen tearing. Monitor ini juga gegas dengan response time 0,1ms GTG.

Tak hanya performanya yang kencang, monitor ViewSonic Elite XG341C-2K juga mamopu menghasilkan warna yang berkualitas tinggi, yakni hingga 97% DCI-P3 atau 99% NHTSC color gamut. Keunggulan lain dari monitor gaming ini adalah menawarkan brightness yang tinggi yakni mencapai 1400 nits dengan sertifikasi VESA DisplayHDR 1400. Monitor ini juga dilengkapi dengan dua port HDMI 2.1, port DisplayPort, dan port USB Type-C.

Baca Juga :  Ini Tips Merawat Monitor LCD agar Awet dan Tahan Lama

Selain itu, ViewSonic mengklaim bahwa Elite XG341C-2K telah mendukung AMD FreeSync Premium Pro. Ini adalah teknologi adaptif untuk layar LCD untuk mengurangi efek screen tearing dan stuttering dengan sinkronisasi refresh rate monitor dan frame rate dari GPU. Hal ini membuat animasi berjalan lebih mulus. Selain itu, teknologi ini juga menggabungkan fitur HDR dan teknologi variabel refresh rate yang dapat memberikan pengalaman bermaiun game yang lebih smooth dan warna yang lebih hidup.

Sayangnya sampai artikel ini ditulis, belum ada informasi mengenai kapan monitor gaming Elite XG341C-2K akan diluncurkan pasar tanah air. Harga monitor gaming ViewSonic Elite XG341C-2K adalah 2.309 euro atau sekitar Rp 35 juta,.

Leave a Comment

Your email address will not be published.