AMD Radeon RX 7900 Series dengan RDNA 3 Diluncurkan, Apa Keunggulannya?

Setelah sekian lama dinantikan kehadirannya, Advanced Micro Device atau yang lebih dikenal dengan sebutan AMD telah resmi memperkenalkan chip grafis terbarunya, yakni Radeon RX 7900 Series yang sudah menggunakan arsitektur canggih RDNA 3. Kehadiran Radeon RX 7900 Series ini merupakan jawaban AMD atas GeForce RTX 4000 series besutan Nvidia yang telah hadir lebih dulu.

“Kartu grafis baru ini dirancang oleh gamer untuk gamer. Saat kami mengembangkan kartu baru, kami tidak hanya menerima respon dari pelanggan kami, tetapi kami membangun fitur-fitur dan kemampuan yang ingin kami gunakan.”

“Kami juga menyadari bahwa kami perlu melakukan sesuatu yang berbeda untuk terus mendorong teknologi, dan saya bangga dengan apa yang telah dicapai tim melalui kartu grafis AMD RDNA 3 dan Radeon RX 7900 Series. Saya tidak sabar menanti para gamer untuk merasakan performa yang luar biasa, visual yang sangat nyata, dan fitur baru yang menakjubkan yang ditawarkan oleh kartu grafis baru ini,” kata Scott Herkelman, senior vice president & general manager, Graphics Business Unit, AMD.

Baca Juga :  Prosesor AMD Ryzen 6000 Series Resmi Diperkenalkan di Indonesia, Apa Kelebihannya?

Kelebihan utama kartu grafis AMD Radeon RX 7900 Series ini adalah dukungan arsitektur baru AMD RDNA 3 dan dipadukan dengan teknologi chiplet yang sebelumnya sudah diaplikasikan di lini prosesor Ryzen. AMD mengklaim arsitektur RDNA 3 ini menawarkan lompatan performa dan diiringi dengan efisiensi signifikan. Jika diba dindingkan dengan RDNA 2, arsitektur baru ini mampu menghadirkan performance per watt hingga 54% lebih baik.

AMD juga mengatakan bahwa kartu grafis Radeon RX 7900 Series ini juga menawarkan performa raytracing yang lebih baik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Performa gaming AMD Radeon RX 7900 XTX memberikan performa 4K native hingga 1,7X lebih tinggi dibanding kartu grafis Radeon RX 6950 XT di judul tertentu, sedangkan Radeon RX 7900 XT memberikan performa hingga 1,5X lebih tinggi dibanding kartu grafis Radeon RX 6900 XT di pilihan judul tertentu.

Hal ini tak lepas dari pengimplementasian teknologi raytracing generasi kedua yang diklaim memberikan peningkatan performa mencapai 1,8x lebih kencang dibandingkan generasi RDNA 2. Tak hanya itu, AMD juga menghadirkan teknologi AI terbaru yang menawarkan lompatan performa mencapai 2,7x jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Baca Juga :  AMD EPYC Generasi Keempat Diluncurkan, Prosesor Server Kencang dan Efisien

Selain itu, GPU AMD Radeon RX 7900 Series ini telah mengadopsi teknologi chiplet canggih yang berkontribusi untuk menghadirkan frekuensi hingga 15% lebih tinggi dengan efisiensi daya hingga 54% lebih baik. Tak hanya itu, AMD juga menghadirkan teknologi interkoneksi chiplet yang cepat dari AMD Infinity Links yang menawarkan bandwidth 5.3TB/s dipadukan dengan AMD Infinity Cache generasi kedua.

AMD Radeon RX 7900 Series tersedia dua varian, yakni Radeon RX 7900 XTX dan Radeon RX 7900 XT. AMD Radeon RX 7900 XTX memiliki harga SEP $999 USD atau sekitar Rp 15,6 juta. Sedangkan AMD Radeon RX 7900 XT memiliki harga SEP $899 USD atau sekitar Rp 14 Juta. Keduanya diperkirakan akan tersedia di pasaran mulai 12 Desember 2022 mendatang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.