Acer Aspire Vero AV14-51, Laptop Ramah Lingkungan dengan Sertifikasi Intel EVO

Acer Aspire Vero AV14-51

Setelah sukses dengan Aspire Vero generasi pertama, kini Acer Indonesia kembali menghadirkan laptop ramah lingkungan generasi kedua melalui seri Aspire Vero AV14-51. Tampaknya laptop Acer Aspire Vero AV14-51 menawarkan peningkatan spesifikasi dan fitur yang signifikan karena telah mengantongi sertifikasi Intel EVO guna menjamin keandalannya.

Berdasarkan informasi yang penulis himpun, laptop ramah lingkungan dari Acer ini masih menggunakan material plastik daur ulang atau post-consumer recycled (PCR) untuk chasis dan bodinya. Ini ditandai dengan munculnya partikel berwarna kuning yang tersebar di bodi laptop. Bagian sasis menggunakan plastik PCR sebanyak 30%, sementara pada bagian keyboard terdapat 50% elemen plastik PCR yang menghemat sekitar 21% emisi lingkungan dari penggunaan plastik murni.

Acer Aspire Vero AV14-51 ini dibekali dengan layar berukuran 14 inci yang menggunakan teknologi IPS (In-Plane Switching) resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang menawarkan kecerahan hingga 300 nits dan menawarkan cakupan 100% sRGB color gamut. Tak heran, laptop ini cocok untuk menangani grafis berkat warna yang dihasilkan layarnya yang akurat. Layar laptop ini sudah mengusung bezel tipis yang membuat dimensinya ringkas.

Baca Juga :  Axioo Slimbook 14, Laptop Lokal Kencang Bertenaga AMD Ryzen

Performa laptop mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya dengan mengandalkan dukungan prosesor Intel Core i5-1235U 10-core (12 thread) generasi Alder Lake atau Intel Core generasi ke-12 yang terdiri dari dual-core P-core 1,3 GHz TurboBoost 4,3GHz + octa-core E-core 0,9GHz TurboBoost 3,3GHz. Laptop ringkas ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 16GB LPDDR4x 4266Mhz onboard dual-channel, sehingga tidak dapat di-upgrade.

Sedangkan untuk performa grafis, Laptop ini terbilang sangat powerful di kelasnya berkat dukungan GPU (Graphics Processing Unit) terintegrasi dari Intel Iris Xe Graphics G7 tanpa dukungan grafis diskrit. GPU Intel Iris Xe Graphics G7 yang mengusung 96 execution unit (EUs) dengan kecepatan 200 – 1200MHz. Performa grafis Intel Iris Xe Graphics G7 ini bahkan bisa dikatakan setara dengan GPU diskrit entry-level.

Sektor media penyimpanan, Laptop ini sudah dibekali dengan SSD (Solid State Drive) hingga 512GB PCIe M.2 NVMe yang menawarkan transfer rate tinggi dengan konsumsi daya yang efisien. Tak hanya itu, laptop ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 11 dan Microsoft Office Home and Student 2021 pre-installed.

Baca Juga :  Berapa banyak RAM yang Dibutuhkan Laptop Masa Kini? Ini Jawabnya

Konektivitasnya cukup lengkap dengan dukungan Wi-Fi 6E Intel AX211 IEEE 802.11 a/b/g/n/ac/ax, Bluetooth 5.2, Port USB 3.2 Gen1, Port USB Type-C Thunderbolt 4 (support Data Transfer, Power Delivery, dan DisplayPort), Port HDMI, dan port combo audio.

Acer Aspire Vero AV14-51 telah mengantongi sertifikat Intel EVO dan dibekali baterai berkapasitas 53Whrs. Daya tahan baterai laptop ini diklaim mencapai 11 jam dan didukung fitur fast charging. Tak hanya itu, laptop ini dapat menyala dari mode sleep dalam hitungan detik saja.

Secara umum, Acer Aspire Vero AV14-51 ini tak hanya hadir sebagai sebuah laptop ramah lingkungan, tetapi juga sebuah laptop yang andal dan memiliki performa tinggi. Harga Acer Aspire Vero AV14-51 di Indonesia kisaran Rp 10 jutaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.