AMD EPYC Generasi Keempat Diluncurkan, Prosesor Server Kencang dan Efisien

AMD EPYC

Advanced Micro Device atau yang lebih dikenal sebagai AMD secara resmi telah nmeluncurkan prosesor server dan data center terbarunya melalui lini AMD EPYC generasi keempat yang menggunakan nama sandi Genoa melalui sebuah acara bertajuk “together we advance_data centers”. AMD mengklaim prosesor EPYC generasi keempat ini menawarkan performa terdepan dengan tingkat efisiensi tinggi.

Berdasarkan rilis resmi yang diterima penulis, AMD EPYC Generasi Keempat memberikan performa hingga 2,8X lebih baik, daya hingga 54 persen lebih sedikit, telah menambah lebih dari 300 rekor dunia yang dipegang oleh prosesor AMD EPYC dan didukung oleh ekosistem software dan hardware yang lengkap yang mencakup berbagai beban kerja termasuk, database, virtualisasi, AI/ML, HPC, dan lainnya.

Salah satu rahasia peningkatan performa prosesor server AMD EPYC generasi keempat ini adalah menggunakan arsitektur baru Zen 4 yang sebelumnya sudah digunakan di lini desktop AMD Ryzen 7000 series. Arsitektur canggih Zen 4 ini menawarkan peningkatan IPC (Instruction Per Clock) hingga dua digit jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang menggunakan arsitektur Zen 3 yang digunakan di prosesor AMD EPYC generasi ketiga.

Baca Juga :  AMD Resmi Luncurkan Prosesor AMD Ryzen 7000 Series untuk Desktop

“Memilih prosesor data center yang tepat merupakan hal yang paling penting, dan prosesor EPYC Generasi Keempat menghadirkan kepemimpinan di setiap dimensi. Data center mewakili peluang pertumbuhan terbesar dan prioritas paling strategis untuk AMD, dan kami berkomitmen untuk menjadikan AMD sebagai mitra pilihan dengan menawarkan portofolio mesin komputasi adaptif terluas di industri dengan performa tinggi.”

“Kami telah membangun peta jalan CPU data center terbaik di industri, dan dengan EPYC 9004 Series Generasi Keempat kami memberikan kemajuan yang besar dalam performa dan efisiensi untuk membuat peta jalan prosesor server terbaik menjadi lebih baik,” kata Dr. Lisa Su, Chair dan CEO, AMD.

Salah satu daya tarik prosesor AMD EPYC dalah performanya yang tinggi dengan dukungan hingga 96 core dalam sebuah prosesor. Tak hanya itu, AMD EPYC ini dirancang khusus untuk server dan Data Center yang memang mengutamakan sisi keamanan dengan dukungan fitur canggih AMD Infinity Guard yang menawarkan lapisan perlindungan secara fisik maupun virtual. AMD EPYC juga dibekali dengan 2x jumlah kunci jika dibandingkan generasi sebelumnya guna menjamin keamanannya.

Baca Juga :  Acer Nitro 5 AN515-46, Laptop Gaming Bertenaga AMD Ryzen 6000 Series

Prosesor server AMD EPYC generasi keempat ini telah dibekali dengan dukungan fitur-fitur industri terbaru seperti penggunaan RAM jenis DDR5, PCIe Gen 5, dan CXL1.1+ guna kspansi memori, membantu pelanggan memenuhi tuntutan kapasitas beban kerja dalam memori yang lebih besar.

Tak hanya itu, AMD juga telah menggandeng mitra perangkat lunak untuk semakin meningkatkan optimasi dan performa prosesor EPYC generasi keempat. Selain itu, AMD juga menggandeng sejumlah mitra OEM untuk menghadirkan server berkinerja tinggi dan konsumsi daya efisien, yakni Dell Technologies, Google Cloud, HPE, Lenovo, Microsoft Azure, Oracle Cloud Infrastructure, Supermicro dan VMware.

Leave a Comment

Your email address will not be published.