Begini Cara Menggunakan Fitur Widget di Windows 11

Windows 11 Widget

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru besutan Microsoft yang hadir dengan segudan fitur baru yang siap menunjang produktivitas penggunanya. Salah satu fitur yang cukup menarik di sistem operasi Windows 11 adalah Widget. Sebenarnya Widget ini bukan hal yang baru di Windows karena Microsoft pernah menghadirkan fitur ini di Windows Vista beberapa tahun yang lalu.

Meski demikian, fitur widget di Windows 11 ini sedikit berbeda cara kerjanya. Widget di Windows 11 memungkinkan pengguna mengakses berbagai jenis konten informasi (cuaca, berita, olahraga, saham, lalu lintas, hiburan, tugas, dan lain-lain) dalam bentuk widget kecil dari flyout tanpa harus membuka smartphone untuk mengkonsumsi konten yang sama.

Ide dari fitur Widget di Windows 11 ini sebenarnya hampir sama dengan “News & Interest” yang sudah tersedia di Windows 10. Meski demikian, Microsoft mengembangkannya kembali agar lebih modern dan sesuai dengan kebutuhan masa kini. Lalu bagaimana cara menggunakan dan mengoptimalkan fitur Widget di Windows 11 ini?

Mengaktifkan Widget

Papan Widget dapat diaktifkan dan muncul dari sisi kiri layar saat laptop atau PC dengan cara mengklik ikon di Taskbar atau menggunakan pintasan keyboard “tombol Windows + W”. Pengguna dapat menggesek dari tepi kiri untuk membuka panel widget di tablet atau laptop dengan layar sentuh.

Baca Juga :  Update Windows 11 22H2 Dirilis, Ini Daftar Fitur Barunya

Struktur Widget

Secara umum, panel widget di Windows 11 ini dibagi menjadi tiga bagian. Di bagian atas, pengguna akan menemukan header yang menampilkan waktu saat ini dan kontrol untuk mengakses pengaturan, lalu ada bagian untuk menempatkan widge, dan di bagian bawah, terdapat feed konten yang dapat diakses oleh pengguna.

Di samping panel widget, terdapat ikon Widget di Taskbar yang menampilkan informasi cuaca dengan dukungan notifikasi dan peringatan untuk konten dinamis seperti olahraga, keuangan, dan informasi berita terkini. Meskipun pengaturan default sudah cukup lengkap, Windows 11 mengizinkan pengguna mengontrol dan bahkan menonaktifkannya jika diperlukan.

Menambah Widget

Berikut langkah menambah widget di Windows 11:

  1. Buka Widget.
  2. Klik tombol Plus (+) di sebelah menu profil.
  3. Klik tombol Plus (+) untuk setiap widget yang ingin ditambahkan.

Ubah ukuran Widget

  1. Buka Widget.
  2. Klik menu (bertitik tiga) dan pilih salah satu ukuran yang tersedia, antara lain kecil, sedang, atau besar.

Ubah Susunan Widget

  1. Buka Widget.
  2. Seret widget dengan mengambil bilah judul dan meletakkannya di lokasi yang diinginkan.
  3. Ulangi langkah 2 untuk mengubah lokasi widget lainnya.
Baca Juga :  Update Windows 11 22H2 Dirilis, Ini Daftar Fitur Barunya

Hapus Widget

  1. Buka Widget.
  2. Klik menu (tiga titik) dan pilih opsi Unpin widget.
  3. Ulangi langkah 2 untuk menghapus widget lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.