Begini Cara Rahasia Menghilangkan Iklan di Start Menu Windows 11

Cara Menghilangkan Iklan

Start Menu bisa dikatakan sebagai salah satu komponen antarmuka yang krusial bagi pengguna sistem operasi Windows. Ini terbukti ketika Microsoft menghilangkan Start Menu di Windows 8 dan berujung komentar negatif penggunanya. Kini di Windows 11, Start Menu telah hadir dengan konsep yang sedikit berbeda.

Bisa dikatakan Start menu di Windows 11 ini terinspirasi oleh Start menu yang awalnya diperkenalkan oleh Microsoft di Windows 10X, sistem operasi yang akhirnya telah dibatalkan. Desain tersebut ternyata masih dipertahankan dan dibawa oleh Microsoft di sistem operasi terbarunya, Windows 11.

Salah satu perubahan signifikan yang ditawarkan oleh Windows 11 adalah Start Menu yang telah didesain ulang dan posisinya bergeser ke tengah taskbar. Beberapa fitur penting seperti seperti CMD, task manager, dan sebagainya yang biasa diakses melalui start menu tetap bisa diakses dengan cara yang sedikit berbeda, yakni klik kanan pada ikon Windows pada Start Menu atau kombinasi shortcut Windows + X di keyboard.

Selain perubahan konsep dan fitur yang ada di dalamnya, ternyata Start menu Windows 11 juga membawa ‘fitur’ yang tidak disukai oleh mayoritas pengguna, yakni iklan. Pihak Microsoft mengatakan bahwa kehadiran iklan di Start menu ini masih sebatas uji coba bagi pengguna Windows 11 yang tergabung dalam komunitas Windows Insider.

Baca Juga :  Ini Tips Ampuh Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama

Lalu bagaimana jika Anda terlanjur bergabung dengan komunitas Windows Insider dan Start menu telah menampilkan iklan? Bagi beberapa orang memang iklan tersebut tidak terlalu mengganggu. Namun jika Anda merasa terganggu dengan iklan yang muncul, ada beberapa cara untuk menghilangkannya, salah satunya adalah:

  1. Download aplikasi Vivetool terbaru dan lakukan instalasi
  2. Jalankan aplikasi Vivetool dengan mode administrator
  3. Masukkan perintah disable /id:36435151 di Vivetool
  4. Kemudian muncul pesan “Successful set feature configuration,”
  5. Lakukan reboot laptop atau PC yang digunakan
  6. Banner iklan di Start menu Windows 11 akan menghilang

Meski saat ini fitur iklan di sistem operasi Windows 11 ini hanya sebatas uji coba, tetapi banyak pengguna akan setuju jika Microsoft tidak menampilkan iklan. Sebagian orang akan merasa terganggu dengan munculnya iklan di laptop atau PC mereka, apalagi posisinya di Start menu yang setiap hari pasti digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.