Mengenal Windows 11 S Mode dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Windows 11 S Mode

Asus Indonesia secara resmi telah meluncurkan laptop detachable convertible melalui seri ExpertBook B3000 yang ditenagai oleh SoC Qualcomm Snapdragon 7c Gen 2. Uniknya, laptop tersebut menggunakan sistem operasi Windows 11 S Mode yang berbeda dengan Windows 11 Home reguler. Mungkin sebagian besar pengguna laptop atau PC dengan sistem operasi Windows 11 belum familiar dengan mode ‘rahasia’ yang disebut dengan Windows 11 S Mode.

Lalu apa sebenarnya Windows 11 S Mode ini? Windows 11 dalam mode S adalah versi Windows 11 yang disederhanakan untung mengutamakan sisi keamanan dan kinerja. Selain itu, Windows 11 S Mode ini diklaim memberikan pengalaman Windows yang familier dan mudah digunakan. Guna meningkatkan keamanan, ini hanya mengizinkan aplikasi dari Microsoft Store dan hanya dapat menggunakan browser Microsoft Edge untuk browsing yang aman.

Cara Mengaktifkan Windows 11 S Mode

Berdasarkan informasi yang penulis himpun, Windows 11 S Mode ini tidak sembarangan dapat diaktifkan di semua perangkat. Beberapa perangkat seperti laptop Asus Expertbook B3000 sudah diinstal sebelumnya dengan Windows 11 Home dalam mode S oleh sang produsen.

Baca Juga :  Begini Cara Mengatasi Masalah Windows Boot Loop

Cara Menonaktifkan Windows 11 S Mode

Jika sudah menggunakan perangkat dengan sistem operasi Windows 11 S Mode, apakah bisa dinonaktifkan dan beralih ke Windows 11 standar? Secara teori, bisa dilakukan selama spesifikasi perangkat keras yang diusungnya sudah mendukung Windows 11 reguler. Berikut cara beralih dari Windows 11 S Mode ke Windows 11 reguler.
Di PC yang menjalankan Windows 11 S Mode, buka Pengaturan > Perbarui & Keamanan > Aktivasi.

Temukan bagian Switch to Windows 11 Home atau Switch to Windows 11 Pro, lalu pilih tautan Go to the Store.

Kelebihan Windows 11 S Mode

Kelebihan utama Windows 11 S Mode adalah sisi keamanannya yang tinggi dan ketat. Hal ini cocok bagi pengguna yang menangani dokumen atau data sensitif milik perusahaan agar tidak mudah bocor atau dicuri. Selain itu, Windows 11 S Mode dapat secara signifikan mengurangi risiko malware yang terinstal di PC, baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Windows 11 S Mode adalah performa yang lebih ngegas dan booting yang lebih cepat. Hal ini dimungkinkan karena tidak ada aplikasi pihak ketiga yang jalan di autorun saat booting, sehingga proses booting bisa lebih cepat dan pengguna bisa lebih produktif.

Baca Juga :  Begini Cara Menggunakan Fitur Widget di Windows 11

Kekurangan Windows 11 S Mode

Salah satu kekurangan yang cukup mendasar dari Windows 11 S Mode adalah ketersediaan aplikasi yang terbatas. Pengguna hanya dapat menginstal aplikasi melalui Windows Store saja. Sehingga jika biasa menggunakan aplikasi di luar Windows Store atau aplikasi yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan, tidak akan berjalan dengan baik di Windows 11 S Mode.

Bagi pengguna tingkat lanjut, kekurangan Windows 11 S Mode adalah tidak dapat menggunakan fasilitas command line dan code editor. Ini tentu menjadi masalah bagi pengguna tingkat lanjut atau programmer yang sedang mengembangkan aplikasi atau perangkat lunak.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.