AMD Ryzen 7 7730U Terungkap, Prosesor Laptop Mainstream dengan Performa Kencang

AAMD Ryzen 7000 Series

Tak lama setelah meluncurkan prosesor Ryzen 7020 series yang membidik segmen entry-level, Advanced Micro Device atau AMD belum lama ini dikabarkan tengah menyiapkan prosesor baru untuk laptop mainstream. Informasi ini diperkuat dengan kemunculan prosesor misterius AMD Ryzen 7 7730U yang merupakan bagian dari keluarga Ryzen 7000 series untuk laptop.

Informasi ini bersumber dari produsen laptop Asus Turki yang yang menampilkan spesifikasi laptop Zenbook 14 terbarunya. Selain itu, pengguna sosial media Weibo menampilkan screenshot aplikasi Task Manager dari laptop yang ditenagai oleh prosesor Ryzen 7 7730U besutan AMD tersebut dan mengungkap karakteristiknya.

Berdasarkan informasi yang beredar, prosesor AMD Ryzen 7 7730U mengusung spesifikasi mirip dengan Ryzen 7 5825U yang mengusung octa-core dengan 16 thread dengan arsitektur Zen 3 yang berlari dengan kecepatan 2GHz. Sayangnya kecepatan boost clock-ya masih belum diketahui. Kemungkinan, boost clock prosesor ini akan mencapao 4,6GHz atau 100Mhz lebih tinggi dari Ryzen 7 5825U.

Sedangkan untuk GPU yang terintegrasi, konon Ryzen 7 7730U ini masih mengandalkan dukungan AMD Radeon RX Vega 8 iGPU tanpa dukungan grafis diskrit. Grafis terintegrasi tersebut sudah sangat bertenaga untuk menangani desain grafis ringan dengan mengusung 512 shader core, 32 TMUs, dan 8 ROPs dengan arsitektur Vega yang berlari dengan kecepatan 2000MHz dengan antarmuka memori system shared.

Baca Juga :  AMD EPYC Generasi Keempat Diluncurkan, Prosesor Server Kencang dan Efisien

Jika informasi spesifikasi prosesor AMD Ryzen 7 7730U yang beredar benar, maka kinerja yang ditawarkan tak akan jauh berbeda dengan Ryzen 7 5825U yang telah lebih dulu dirilis. Ini bisa dikatakan refreshment dari AMD untuk prosesor generasi Barcelo. Meski demikian, kinerja prosesor ini secara umum masih sangat kompeten untuk kebutuhan komputasi di masa mendatang.

Peningkatan performa baru akan terasa pada prosesor AMD Ryzen 7 7740U yang kabarnya akan diperkenalkan di ajang CES 2023 yang digelar Januari mendatang. Penamaan prosesor AMD Ryzen 7 7740U memang hanya berbeda satu digit, tetapi perbedaan performa sangat signifikan karena prosesor Ryzen 7 7740U sudah menggunakan arsitektur Zen 4 dan kemungkinan dibekali dengan GPU terintegrasi dengan arsitektur RDNA 3.

Prosesor AMD Ryzen 7 7730U nantinya akan menjadi andalan untuk mengisi segmen laptop mainstream yang menangani beban komputasi menengah saat ini. Dukungan jumlah core yang banyak membuat prosesor ini kompeten menangani multitasking dan aplikasi yang memang membutuhkan banyak thread atau jalur pemrosesan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.