Ini Beberapa Fitur Rahasia di Windows 11 Update 2022

Windows 11

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru andalan Microsoft yang pertama kali diperkenalkan Oktober 2021 silam. Raksasa perangkat lunak asal Redmond ini terus mengembangkan fitur dan kemampuan sistem operasi Windows 11 guna memberikan pengalaman pengguna yang terbaik. Salah satu update terbesar Windows 11 adalah Update 2022 karena membawa sejumlah fitur baru.

Beberapa fitur yang diusung oleh Windows 11 Update 2022 sudah tersedia di versi update sebelumnya, tetapi telah mengalami perbaikan. Berikut ini beberapa fitur rahasia di sistem operasi Windows 11 Update 2022 yang telah penulis himpun.

Mengakses Start Menu Rahasia

Windows 11 memiliki Star Menu dengan desain baru. Namun, Start menu tersebut tidak menampilkan akses fitur-fitur yang sering digunakan oleh pengguna tingkat lanjut seperti command prompt, task manager, dan sebagainya. Solusinya adal mengakses Start Menu Rahasia dengan cara:

  • Tekan tombol Windows + X
  • Atau bisa juga dengan klik kanan Start Menu
  • Start menu rahasia akan muncul dan memungkinkan pengguna dengan mudah mengakses tool seperti task manager, device manager, hingga command prompt.
Baca Juga :  7 Cara Ampuh Mengatasi Lag Saat Bermain Game

Mengambil Screenshot dengan Cepat

Tahukah Anda bahwa mengambil screenshot di Windows 11 dapat dilakukan dengan cepat? Cara termudah adalah dengan menekan tombol Windows + tombol Print Screen, dan hasil screenshot itu akan disimpan ke folder Pictures > Screenshots.

Bersihkan File Sampah dengan Cepat

Performa Windows 11 dapat melambat karena berbagai hal, salah satunya adalah banyaknya file sampah yang muncul karena proses booting atau log yang dibuat oleh aplikasi. Windows 11 Update 2022 menyediakan langkah cepat untuk membersihakn file semacam ini dengan cara Settings > System > Storage. Kemudian tap Show more categories dan pilih Cleanup recommendations.

Hemat Baterai Laptop

Saat dalam perjalanan dan harus bekerja dengan laptop, maka daya tahan baterai menjadi salah satu faktor penting. Agar baterai awet, beberapa aplikasi yang jalan di latar belakang harus ditutup agar tidak mengonsumsi resource. Cara cepat untuk melakukan ini adalah mengaktifkan mode Battery Saver, yakni buka Settings > System > Power & battery. Pilih Battery saver, aktifkan limit aplikasi dan notifikasi.

Baca Juga :  Kenali Tanda SSD Mulai Rusak dan Minta Ganti Baru

Minimize Window dengan Cepat

Saat menjalankan banyak aplikasi, pengguna akan susah konsentrasi karena banyak window terbuka secara bersamaan di layar. Saat harus fokus pada satu aplikasi, maka yang lain dapat di-minimize dengan cepat, caranya? Klik tahan pada window aplikasi yang akan digunakan dan goyangkan dengan mouse, maka semua window akan ter-minimize.

Leave a Comment

Your email address will not be published.