Apa Saja Peralatan Yang Harus Disiapkan Untuk Menjadi Game Streamer Profesional

Seorang game streamer profesional adalah seorang yang membuat penghasilan utama dari menyiarkan game yang sedang dia mainkan secara langsung melalui platform streaming seperti Twitch atau YouTube. Game streamer profesional biasanya memiliki jumlah penonton yang cukup besar dan memiliki kontrak dengan perusahaan atau sponsor untuk menyiarkan game mereka. Mereka juga biasanya memiliki strategi dan rencana untuk menarik dan mempertahankan audiens, serta konten yang menarik untuk ditayangkan. Game streamer profesional biasanya memiliki perlengkapan yang memadai dan koneksi internet yang cepat dan stabil untuk menyiarkan game dengan lancar tanpa buffering.

Apa saja peralatan yang harus dipersiapkan untuk menjadi  game streamer profesional, berikut ulasannya:

  1. Komputer Gaming


    Komputer gaming adalah komputer yang didesain khusus untuk memainkan game dengan lancar dan grafis yang tinggi. Komputer gaming biasanya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan komputer biasa, seperti prosesor yang lebih cepat, lebih banyak memori (RAM), dan kartu grafis yang lebih kuat. Ini memungkinkan komputer untuk menangani beban yang lebih besar dari game yang membutuhkan kinerja tinggi, seperti game dengan grafis yang tinggi atau game yang membutuhkan banyak prosesor.Selain itu, komputer gaming juga biasanya dilengkapi dengan perangkat input yang sesuai, seperti keyboard gaming dan mouse gaming, yang dirancang untuk memberikan respon yang cepat dan akurasi tinggi saat bermain game.

    Jika Anda lebih suka yang simpel dan mobilitas tinggi maka laptop gaming bisa menajdi pilihan, sedangkan PC gaming bisa dipilih jika Anda menginginkan spesifikasi yang lebih gahar, karena lebih mudah di upgrade.

  2. Game Controller atau Keyboard dan Mouse Gaming

    Game controller adalah perangkat input yang digunakan untuk memainkan game di konsol atau komputer. Game controller biasanya terdiri dari tombol dan joystick yang dapat dikendalikan dengan jari, serta dapat terhubung ke perangkat melalui kabel atau secara nirkabel (wireless). Game controller biasanya digunakan untuk memainkan game yang membutuhkan gerakan yang akurat, seperti game olahraga atau game aksi.Ada berbagai jenis game controller, seperti gamepad, joystick, dan wheel. Gamepad adalah game controller yang biasanya terdiri dari tombol dan joystick yang dapat dikendalikan dengan jari, sementara joystick biasanya terdiri dari tombol dan stick yang dapat diputar untuk mengontrol gerakan. Wheel adalah game controller yang mirip dengan setir mobil dan biasanya digunakan untuk memainkan game balap.

    Sedangkan keyboard dan mouse gaming adalah perangkat input yang dirancang khusus untuk memudahkan Anda bermain game. Keyboard mouse gaming biasanya memiliki fitur yang lebih baik dibandingkan dengan perangkat input standar, seperti tombol yang lebih responsif, desain yang nyaman untuk digunakan selama berjam-jam, dan dapat terhubung secara nirkabel (wireless).Keyboard gaming biasanya memiliki tombol yang lebih banyak dibandingkan dengan keyboard biasa, sehingga Anda dapat mengakses lebih banyak fitur atau aksi dalam game. Mouse gaming juga biasanya memiliki kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mouse biasa, seperti kecepatan yang lebih tinggi dan akurasi yang lebih tinggi. Ini membantu Anda memberikan respon yang lebih cepat dan akurat saat bermain game.Selain itu, keyboard mouse gaming juga biasanya dilengkapi dengan fitur tambahan seperti iluminasi LED yang dapat mengikuti beat musik atau memberikan efek cahaya yang menarik, serta dapat terhubung ke perangkat lain melalui teknologi Bluetooth.

  3. Microphone Condenser

    Microphone condenser (juga dikenal sebagai microphone kondensator) adalah jenis microphone yang menggunakan kondensator sebagai bagian dari sistem pengukur suara. Kondensator adalah elemen yang terdiri dari dua lempengan logam yang dipisahkan oleh lapisan dielektrik (biasanya diisi dengan gas atau film tipis). Saat suara mengenai lempengan logam, ia akan mempengaruhi kapasitansi (kemampuan kondensator untuk menyimpan muatan listrik) dari kondensator tersebut. Perubahan kapasitansi ini kemudian dapat diukur dan diolah menjadi sinyal audio.

    Microphone condenser biasanya memiliki respon frekuensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan microphone dinami, sehingga dapat menangkap suara dengan lebih baik. Namun, microphone condenser juga membutuhkan sumber daya tambahan, biasanya dari baterai atau phantom power, untuk bekerja. Microphone condenser biasanya digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan akurasi tinggi, seperti rekaman studio atau aplikasi konferensi.

  4. Webcam Streaming

    Webcam streaming adalah perangkat yang digunakan untuk menangkap gambar dan video secara langsung dan menyiarkannya ke internet melalui platform streaming seperti Twitch atau YouTube. Webcam streaming biasanya terhubung ke komputer melalui port USB dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti menyiarkan game yang sedang Anda mainkan, melakukan sesi Q&A dengan penonton, atau menyediakan tayangan langsung dari acara atau kegiatan.

    Webcam streaming biasanya memiliki resolusi yang tinggi dan dapat menangkap gambar dan video dengan kualitas yang baik. Beberapa webcam streaming juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti pembesaran, pan and tilt, atau kompresi video yang dapat membantu Anda mengoptimalkan kualitas tayangan.

  5. Headset Gaming

    Headset gaming adalah perangkat yang terdiri dari headphone dan microphone yang digunakan untuk bermain game. Headset gaming biasanya dilengkapi dengan fitur yang lebih baik dibandingkan dengan perangkat audio standar, seperti suara yang lebih jernih dan microphone yang lebih sensitif. Ini membantu Anda mendengarkan suara game dengan lebih jelas dan memberikan respon yang lebih akurat saat bermain game.

    Headset gaming juga biasanya dilengkapi dengan fitur tambahan seperti iluminasi LED yang dapat mengikuti beat musik atau memberikan efek cahaya yang menarik, serta dapat terhubung ke perangkat lain melalui teknologi Bluetooth. Headset gaming juga biasanya dirancang dengan desain yang nyaman untuk digunakan selama berjam-jam, sehingga Anda dapat bermain game dengan nyaman tanpa merasa cepat lelah.

    Berbeda dengan microphon Condensor yang digunakan untuk merekam semua aktivitas audio saat melakukan streaming, microphone pada headset ini biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama gamer melalui discord.

  6. Game Capture Device

    Game capture device adalah perangkat yang digunakan untuk menangkap dan menyiarkan game yang sedang Anda mainkan ke layar penonton. Game capture device biasanya terhubung ke konsol atau komputer melalui port HDMI atau DVI, dan dapat menangkap sinyal video dan audio dari game yang sedang Anda mainkan.Game capture device biasanya dilengkapi dengan fitur tambahan seperti perekaman video, streaming langsung, atau kompresi video yang dapat membantu Anda mengoptimalkan kualitas tayangan. Beberapa game capture device juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti pembesaran, pan and tilt, atau kompresi video yang dapat membantu Anda mengoptimalkan kualitas tayangan.

    Untuk menggunakan game capture device, Anda harus memiliki komputer atau konsol yang kompatibel dengan perangkat tersebut, serta koneksi internet yang cepat dan stabil. Selain itu, Anda juga harus menggunakan software streaming seperti OBS atau XSplit untuk menyiarkan tayangan langsung Anda ke platform streaming.

  7. Streaming Software

    Streaming software adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyiarkan tayangan langsung ke internet melalui platform streaming seperti Twitch atau YouTube. Streaming software biasanya memiliki fitur yang dapat membantu Anda mengatur tayangan langsung Anda, seperti menambahkan overlay, transisi, atau efek khusus. Streaming software juga biasanya memiliki fitur perekaman video yang dapat membantu Anda menyimpan tayangan langsung Anda untuk ditonton kembali di kemudian hari.

    Beberapa software streaming populer yang tersedia di pasaran adalah OBS (Open Broadcaster Software) dan XSplit. OBS adalah software streaming gratis yang mudah digunakan dan dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap. XSplit adalah software streaming berbayar yang dilengkapi dengan fitur yang lebih lengkap dan memberikan kualitas yang lebih baik, namun memiliki harga yang lebih mahal.

  8. Koneksi Internet

    Untuk menyiarkan tayangan langsung dengan lancar, Anda membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mendapatkan koneksi internet yang cepat untuk streaming:

    • Gunakan koneksi internet dengan kecepatan tinggi: Koneksi internet dengan kecepatan tinggi akan memungkinkan Anda untuk menyiarkan tayangan langsung dengan lebih lancar dan tanpa buffering.
    • Gunakan koneksi wired: Koneksi wired (melalui kabel) biasanya lebih cepat dan stabil dibandingkan dengan koneksi wireless. Jadi, jika memungkinkan, gunakan koneksi wired untuk menyiarkan tayangan langsung.
    • Gunakan router yang kuat: Router yang kuat akan membantu Anda mendapatkan sinyal internet yang lebih kuat dan meningkatkan kecepatan internet.
    • Hindari menggunakan banyak perangkat sekaligus: Menggunakan banyak perangkat sekaligus dapat menurunkan kecepatan internet. Jadi, pastikan hanya perangkat yang dibutuhkan saja yang terhubung ke internet.
    • Gunakan fitur QoS (Quality of Service): Fitur QoS pada router dapat membantu Anda mengalokasikan bandwidth internet dengan lebih efisien dan memprioritaskan aplikasi yang membutuhkan kecepatan internet tinggi, seperti streaming.
Baca Juga :  Alienware AW610M, Mouse Gaming Canggih dengan Desain Futuristik

Leave a Comment

Your email address will not be published.