Begini Cara Mengatasi Masalah Windows Boot Loop

Windows Boot Loop

Pernah mengalami boot loop di Windows 10 atau Windows 11? Kedua sistem operasi besutan Microsoft ini pada dasarnya memiliki karakteristik yang hampir sama. Keduanya sama-sama dapat terkena masalah infinite boot loop atau sebuah keadaan dimana sistem melakukan proses booting secara terus menerus dan tidak pernah selesai hingga mengantarkan pengguna ke tampilan desktop atau login.

Sebenarnya masalah infinite boot loop ini juga dapat terjadi di sistem operasi versi lawas seperti Windows 8 atau lebih lama lagi. Tentu saja, masalah boot loop ini jelas menghambat produktivitas dan harus segera dilakukan perbaikan. Lalu apa sebab masalah infinite boot loop di Windows 10 dan Windows 11?

Penyebab Infinite Boot Loop

  • Windows update yang tidak berjalan dengan baik
  • Pembaruan driver yang tidak kompatibel atau kurang stabil
  • Instalasi aplikasi atau game tertentu
  • Kerusakan file boot manager

Cara Mengatasi Infinite Boot Loop

Ketika Anda mengalami masalah boot loop, tidak perlu panik. Segera lakukan tindakan perbaikan agar Windows segera pulih dan dapat digunakan untuk bekerja. Berikut beberapa cara untuk memperbaiki boot loop di Windows.

  • Cabut Perangkat Eksternal dan Lakukan Hard Reboot
    Cara paling sederhana untuk mengatasi boot loop di Windows adalah mencabut semua perangkat eksternal yang terhubung di laptop atau PC, seperti flash drive, hard disk eksternal, printer, dan sebagainya. Setelah itu lakukan hard reboot agar sistem dapat booting dengan benar.
  • Perbaiki Boot Manager
    Boot loop juga bisa disebabkan oleh kerusakan file boot atau boot manager. Untuk memperbaiki masalah ini, diperlukan media instalasi Windows. Pengguna dapat membuat media instalasi ini di komputer lain dengan bantuan aplikasi Windows Media Creation Tool. Setelah itu, booting menggunakan media instalasi yang baru saja dibuat dan lakukan Automatic Repair untuk memperbaiki kerusakan boot manager.
  • Batalkan Windows UpdateBoot loop yang disebabkan oleh Windows Update yang tidak bekerja dengan baik juga dapat diatasi dengan membatalkan instalasi update. Caranya? Buka command prompt kemudian ketik perintah:
    • net stop wuauserv

    Kemudian lanjutkan dengan perintah:

    • net stop bits

    Tunggu hingga proses selesai dan lakukan booting ulang untuk melihat hasilnya.

  • Uninstal Aplikasi dan Game yang Bermasalah
    Jika boot loop terjadi setelah instalasi aplikasi atau game, kemungkinan itu menyebabkan masalah proses booting Windows. Solusinya adalah melakukan uninstal aplikasi tersebut. Anda dapat masuk ke mode Safe Mode dengan menekan tombol Del, F8, atau F1 saat booting. Setelah masuk ke sistem, cari aplikasi atau game yang baru saja diinstal dan lakukan proses uninstal. Setelah itu, lakukan reboot untuk melihat hasilnya.
Baca Juga :  Ini Beberapa Fitur Rahasia di Windows 11 Update 2022

Leave a Comment

Your email address will not be published.